Memaksimalkan Menu Fill di Excel-Part 1

Anda dapat menggunakan perintah Fill untuk mengisi data ke dalam sel worksheet. Anda juga dapat memiliki data Excel secara otomatis melanjutkan serangkaian nomor, nomor dan teks kombinasi, tanggal, atau periode waktu, berdasarkan pola yang Inginkan. Namun, untuk cepat mengisi beberapa jenis seri data, Anda dapat memilih sel dan drag untuk mengisinya. Baiklah untuk lebih jelasnya mari kita mulai mempraktekannya.

* Mengisi data pada sel dengan cara men-drag.

1. Cara ini adalah yang sangat mudah kita lakukan. Seblumnya kita melakukannya terlebih dahulu kita atur dulu opsi dari Microsoft Excel agar dalam melakukan penggisian data dengan metode drag kita akan terbantu dengan “tanda kotak hitam pada sudut kanan bawah sel”.

2. Cara mengaturnya adalah : klik tombol Microsoft Office Button (ujung kiri atas windows), dan kemudian klik Excel Option.

3. Pilih Advanced, dan kemudian di bagian bawah pilih Editing Options, nah untuk memunculkan tanda “sequare box” atau kotak hitam pada sel, centang bagian Enable Fill handle and cell drag-and-drop.

4. Ketika kita klik dan drag, terkadang  jari kita terlepas menekan mouse sebelah kiri waktu sedang dalam proses drag, nah agar data yang sudah terisi dengan drag tidak hilang, maka kita harus pastikan option Excelnya telah benar. Cara melakukanya sangat mudah yaitu masih pada menu step no 3 di atas, kita centang pada pilihan Alert before overwriting cells

5. Kemudian ketikkan sebuah angka sebagai awal dari sederetan angka yang akan kita buat. Setelah itu pada kotak hitam sebelah kanan bawah cell pada awal angka yang anda ketik, klik dan drag sampai tujuan cell yang anda inginkan (lihat gambar).

6. Kemudian pada kotak Option yang muncul, anda dapat pilih model fill series-nya yaitu :

Copy cells > pilihan ini untuk menggandakan isi cell yang kita drag tadi.

Fill Series > pilihan ini untuk membuat seri angka bertambah teratur 1 angka

Fill Formating Only > pilihan ini untuk mengkopikan format (warna huruf, ukuran, jenis huruf dll…) angka dalam cell yang pertama, jadi otomatis jika cell yang kosong jika diisi angka formatnya akan sama.

Fill Without Formating >> pilihan ini akan mengisi cell tanpa menerapkan format yang ada, (lihat gambar).

7. Nah sekarang anda dapat melihat hasil seri anggka yang anda inginkan dan dapat  menggantinya dengan memilih-milih opsi yang ada tersebut.

2 thoughts on “Memaksimalkan Menu Fill di Excel-Part 1”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s