Pengaturan Halaman Layout Microsoft Word-Part.1

Add margin for binding adalah istilah yang digunakan jika anda akan membuat dokumen atau kertas kerja anda akan dijilid atau menggunakan Binder atau disebut juga pelubang kertas pada tepinya. Untuk melakukan hal tersebut Anda harus menambahkan space margin pada bagian atas atau samping sebagai lubang Bindernya, space ini dekenal juga dengan sebutan “gutter margin”. Gutter Margin ini membantu kita untuk memastikan text yang ada pada dokumen atau buku kita tidak tertimpa oleh Binder/jilid. Untuk memudahkan pemahaman akan hal ini, berikut ini ilustrasi gambarnya.

Keterangan :

  1. Gutter margin untuk Binder/jilid
  2. Mirror margins untuk halaman yang berhadap-hadapan.

Jika kita ingin membuat dokumen dalam bentuk buku atau majalah yang memiliki halaman berhadap-hadapan maka anda harus menggunakan Set margin for facing pages pada margin option. Opsi ini digunakan untuk setiap kali Anda akan melakukan set-up halaman yang berhadapan dengan double-sided documents (dokumen yang memiliki dua sisi). Anda juga dapat mengatur “gutter” margin untuk sebuah dokumen yang telah memiliki mirror margin jika masih membutuhkan space yang lebih lebar untuk Binder.

Di dalam Microsoft Word format dokumen seperti yang telah kita jelaskan tadi semua dapat kita atur dengan memilih opsi menu Multiple Pages yaitu khususnya pada bagian opsi Book fold. Pilihan ini digunakan untuk membuat dokumen yang akan dicetak dalam bentuk buku yang memiliki lembaran yang cukup banyak dan juga sangat membantu kita dalam pengaturan margin serta percetakannya dengan printer dengan model timbal balik antar halaman buku. Printer akan otomatis membagi halaman depan dan belakang (kita hanya membalikan kertas jika satu sisi sudah selesai)  jika kita gunakan Book fold.

Cara untuk melakukannya adalah sebagai berikut :

  1. Pilih tab menu Page Layout > page setup. Pada kotak dialog Page Setup yang muncul aturlah marginnya, kemudian sesuaikan Gutter sebagai space untuk binder atau jilid, (perhatikan gambar).
  2. Untuk format buku, majalah agar mudah dalam pencetakan nanti, pada pilihan Multiple Pages > pilih Book fold, (perhatikan gambar). Selain pilihan Book fold ada beberapa pilihan yang lainnya yaitu :

Normal > untuk bentuk layout pencetakan normal/perlembar dalam satu halaman.

Mirror Margins > untuk bentuk layout format seperti buku atau majalah dengan halaman yang berhadap-hadapan, tetapi untuk mencetaknya tidak bisa timbal balik otomatis seperti Book fold.

2 page per sheet > digunakan untuk format jika anda ingin membuat 2 halaman dalam satu lembar kerja (lihat gambar).

3. Coba anda praktekan dan lihat perbedaanya masing-masing opsi tersebut. Untuk hasil maksimal lakukanlah test print terhadap dokumen anda…..🙂

2 thoughts on “Pengaturan Halaman Layout Microsoft Word-Part.1”

    1. Coba perhatikan layout gambarnya mas, apakah infront of text, inline with text, dst.. karena ini akan mempengaruhi perataan paragraph nya… smoga membantu…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s